Rabu, 14 Desember 2011

3 Faktor Kesuksesan BlackBerry

 
Sejak hadir pertama kali di Indonesia, BlackBerry mulai mencuri perhatian pengguna smartphone Tanah Air.
Hingga kini, BlackBerry tampaknya masih menjadi primadona.
Kita kupas tuntas disini…

Handono Warih, GM Mobile Data Service Channel Development XL, di acara Ngopi Bareng detikINET menceritakan awal mulanya BlackBerry masuk Indonesia. Disebutkannya, operator telekomunikasi saat itu sedang mencari pendorong untuk masuk ke bisnis data dan messaging.
"Waktu itu, BlackBerry masih bulky banget, dengan warna hitam putih," kenang Handono berbicara di acara diskusi, Rabu (26/10/2011).
Dia melanjutkan, ada tiga faktor kesuksesan BlackBerry di Indonesia. "Yang pertama adalah BlackBerry sudah masuk dunia lifestyle, seperti sudah menjadi sesuatu yang harus dimiliki," ujarnya.
Faktor kedua menurutnya adalah karena BlackBerry saat itu dipandang sebagai satu teknologi baru. "Ini dipandang sebagai teknologi yang belum masuk. Waktu itu orang mungkin bosan sama Nokia. Nah, ini ada perangkat baru yang qwerty," terangnya.
Yang terakhir, kesuksesan BlackBerry didukung oleh ekosistemnya yang sudah terbentuk. Mulai dari operator hingga konsumen pengguna. Ditambahkannya, hingga saat ini ada dua negara yang masih jadi tambang emasnya Research In Motion (RIM) sebagai pembesut BlackBerry.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar