Kamis, 26 Januari 2012

TREN MAKANAN TAHUN 2012, PREDIKSI, RAMALAN KULINER 2012 MAKANAN SEHAT RENDAH KOLESTEROL




TAHUN 2011 akan segera berakhir. Menu restoran yang bakal menjadi tren tahun depan sudah diprediksi. Tahun ini makanan sehat dari bahan-bahan segar menjadi tren hidangan di berbagai restoran. Makanan apa yang bakal jadi tren pada tahun 2012 nanti?

Tidak hanya fesyen, sekarang makanan juga mendapatkan perhatian yang sangat besar di seluruh dunia. Oleh karenanya tren makanan setiap tahun mengalami perubahan dan mendapat perhatian khusus.

Pada tahun 2011 tren makanan dari era fast food bergeser cukup drastis ke arah makanan sehat dan rendah kalori. Tren tersebut tidak hanya di Amerika dan Eropa, tetapi juga hampir di seluruh dunia. Kini makanan sehat sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat.

"Sepertinya orang sudah mulai sadar akan kesehatan. Makanya mereka lebih memilih makanan yang sehat. Tidak berlemak ataupun mengandung kolesterol tinggi," ujar Arie Parikesit, pengamat kuliner Indonesia.

Masyarakat pada umumnya cenderung mengurangi makanan yang digoreng dan tidak mau lagi makan makanan siap saji yang tentu mengandung kolesterol tinggi. Makanan yang direbus, dikukus, dan dibakar sekarang menjadi favorit.
Pengamatan yang dilakukan oleh Arie ini diperoleh dari beberapa temannya yang sekarang cenderung memilih makanan sehat. Banyak di antaranya yang menghindari daging merah. Kebanyakan mereka lebih memilih ikan, sayur, dan buah.

Apalagi di beberapa restoran besar, juga restoran siap saji sekarang ini mulai menyediakan bahan dan produk organik, seperti nasi organik, sayuran organik, buah organik, ayam, dan masih banyak lagi.

Menurut Arie, dalam lima tahun belakangan ini di Indonesia sedang giat-giatnya melakukan gerakan nasionalisme dengan mengonsumsi dan melakukan perluasan makanan tradisional.

Jika diamati, beberapa restoran besar juga mulai memerhatikan perkembangan makanan tradisional. Mereka coba mengangkat kembali unsur-unsur makanan lokal yang selama ini belum atau tidak terlalu dikenal oleh masyarakat umum.

Para pebisnis kuliner, baik yang sudah lama bermain maupun yang baru, mulai mencari makanan-makanan yang kurang umum, misalkan menu ayam ledeh.

Biasanya sasarannya di daerah Jawa Tengah seperti Kudus dan Purwokerto, Kediri (Jawa Timur), Papua, dan daerah lainnya yang belum terangkat makanan daerahnya. (sumber: tribunnews.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar