Minggu, 01 Januari 2012

Tak Bisa Kendalikan Lapar Sebabkan Diet Gagal

Tak Bisa Kendalikan Lapar Sebabkan Diet Gagal
Foto: watchmojo.com 

Jakarta - Tahun 2011 sudah nyaris habis dan resolusi diet Anda ternyata gagal. Mengapa bisa terjadi? Hal ini terutama karena Anda tidak bisa mengendalikan rasa lapar. Rasa bersalahpun muncul setelah menyantap makanan lezat yang mengacaukan diet.

Rasa lapar sering dialami jika sedang stres. Sebaiknya selalu menjaga menu makanan. Pilih makanan yang dapat membuat anda kenyang lebih lama. Jika makan saat merasa sangat lapar tentunya tidak dapat mengontrol jenis makanan yang dimakan.

“Kelaparan adalah isyarat tubuh untuk makan, karena kebiasaan mengabaikan waktu makan, dan Anda akan membiarkan makan jika benar-benar lapar akan menyebabkan rasa lapar yang parah.” ujar seorang ahli kesehatan klinis, Namita Jain.

Sebuah solusi sederhana dapat dilakukan misalnya memahami jam makan yang benar. Seorang ahli kebugaran, John Gloster mengatakan, 'Anda mungkin merasa jika makan lebih sedikit akan lebih baik, namun itu tidak benar. Kelaparan bukan strategi yang hebat untuk menunda jam makan, akan lebih baik makan denga porsi sedikit tapi sering.'

Untuk mengetahui apakah lapar atau haus biasanya tubuh akan mengirimkan sinyal ke otak. Hal ini karena makanan memiliki banyak cairan. Jangan khawatir akan kalori yang didapat, Anda tidak akan kelebihan kalori karena akan makan dalam porsi yang kecil. Kuncinya, harus menjaga asupan cairan hingga sehari.

Sandwich roti gandum 4-5 iris, segulung roti isi sayuran dan 3 buah segar adalah pilihan tepat untuk menjaga tetap kenyang. Jika lapar saat malam hari, makanlah sandwich salad. Makanan ini tidak akan membuat terlalu kenyang, selain sandwich salad juga bisa makan buah dan minum segelas air putih.

Untuk menghindari rasa lapar yang parah sebaiknya jangan pernah melewatkan sarapan. Sarapan dengan karbohidrat kompleks dan protein rendah lemak akan membantu mencegah rasa lapar saat pertengahan jam makan siang.

Pastikan selalu menyediakan makanan ringan rendah kalori dan minuman rendah gula. Tubuh juga memerlukan sejumlah lemak, pilih lemak sehat seperti minyak zaitun. Orang Mediterania sering menggunakan minyak zaitun untuk memasak karena berfungsi untuk menurunkan berat badan dan mencegah penyakit jantung.

Makan makanan rendah kalori seperti brokoli, kembang kol, dan salad sayuran akan membantu mencegah kelaparan. Sebaiknya jauhi camilan bergula seperti roti manis, kue dan donat. Jika makan camilan bergula akan membuat makin cepat lapar.

Selain itu makan juga makanan sumber protein. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa protein membuat orang merasa kenyang lebih lama dibandingkan jika makan karbohidrat. Jika rasa lapar selalu muncul sebaiknya alihkan perhatian dan pikiran dengan mengerjakan suatu tugas atau hobi yang anda sukai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar