Sabtu, 24 Maret 2012

Memilih Melahirkan Normal Atau Dengan Operasi Caesar?


Memilih Melahirkan Normal Atau Dengan Operasi Caesar?Saat ini banyak ibu-ibu yang merasa takut untuk melahirkan secara normal. Ketakutan itu timbul dikarenakan sering mendengar cerita-cerita yang mengerikan dari teman-teman atau keluarga tentang pengalaman mereka saat melahirkan bayi mereka secara normal. Hal inilah yang membuat para calon ibu lebih memilih untuk operasi Caesar.
Sebetulnya pengalaman tiap orang itu beda-beda. Tergantung siapa dan bagaimana cara orang itu menanggapinya. Namun yang terbaik bagi setiap calon ibu adalah mempersiapkan diri dan mental dengan pengetahuan dan pemahaman bahwa proses ini adalah alami dimana tubuh kita juga sudah dipersiapkan untuk menjalaninya. Tentu saja calon ibu juga membutuhkan dukungan dari suami dan keluarga.
Melahirkan dengan operasi sebenarnya ditujukan jika ada indikasi medis tertentu. Tergantung dari keadaan ibu atau bayinya. Tetapi sayangnya saat ini, operasi menjadi suatu hal baru yang berkembang dalam masyarakat. Operasi bukannya dilakukan karena adanya indikasi medis dari ibu atau bayi melainkan karena permintaan dari calon ibu sendiri dikarenakan takut melahirkan secara normal.
Apakah proses melahirkan normal itu begitu mengerikan sehingga operasi berdasarkan permintaan sendiri dan bukan dikarenakan adanya indikasi tertentu menjadi pilihan?
Sebelum calon ibu memustuskan hal itu, ada baiknya calon ibu juga memahami dahulu keuntungan dan kerugian dari operasi Caesar ini.
Sebenarnya dengan kemajuan ilmu kedokteran saat ini, calon ibu seharusnya tidak perlu takut lagi untuk melahirkan secara normal. Dalam proses melahirkan secara normal terdapat suatu mekanisme alamii yang sudah tersedia di dalam tubuh kita untuk proses kelahiran bayi. Selain itu, saat ini calon ibu juga dapat berkonsultasi dengan dokternya untuk mengetahui bagaimana cara untuk mengurangi rasa sakit (anestesi).
Intinya adalah persiapan mental para calon ibu untuk menghadapi proses persalinan ini serta meyakinkan diri sendiri bahwa proses persalinan normal adalah proses yang alami dan terbaik, kecuali kalau terdapat indikasi tertentu pada calon ibu atau bayi maka mengharuskan persalinan secara operasi Caesar. Dan yang tak kalah penting adalah dukungan dari calon ayah serta berdoalah kepada Tuhan

http://www.infowanita.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar